Friday 8 April 2016

After A Very Long Hiatus

Hal yang paling susah setelah lama gak nulis adalah menuliskan kalimat pertama. Seperti sekarang, saya aja kaget ternyata terakhir nulis ternyata November 2014, almost two years! No wonder sih, dari dulu saya punya kekurangan dengan namanya komitmen dan konsistensi. Termasuk menulis blog, kalau hobinya lagi datang, bisa konsisten nulis banyaaaaak banget sampe berbulan-bulan, tapi abis itu bosan atau biasanya menemukan hobi baru, jadi ninggalin nulis lagi. Seinget saya, masa-masa paling aktif nulis blog itu jaman kuliah S1, hmmm, beberapa tahun yang lalu (biar gak ketauan tuanya! hehe). Waktu itu hobi nulis karena juga lagi sering baca buku dan novel jadi inspirasi nulis jadi banyak. Abis itu ngantor dan ngurus segala macam hal akhirnya ninggalin nulis lagi. Padahal saya salah satu orang yang percaya bahwa menulis itu penting. Menulis itu adalah awal mula dari sebuah proyek atau karya. Saya termasuk orang yang punya banyak ide di kepala saya, tapi karena jarang ditulis, ide itu akhirnya menguap gitu aja. Gak pernah jadi karya. Sama kayak tesis kali ya, idenya di kepala banyak, tapi kalau gak ditulis tetep lama lulusnya hahaha.

Akhirnya setelah sekian lama, saya mulai membangun komitmen untuk kembali menulis lagi. Kalau jaman dulu masih sering bikin prosa dan puisi, kayaknya sekarang saya akan lebih menulis hal-hal yang non-fiksi deh. Bukan karena udah gak suka dengan prosa, tapi lebih karena saya merasa jadi gak bisa nulis prosa lagi huhuhu. Kalau nulis prosa kayaknya gak bisa mengalir, terkesan dipaksakan. Saya juga kehilangan banyak kosakata, mungkin juga karena akhir-akhir ini saya jarang baca tulisan-tulisan fiksi. Well, akhirnya saya memutuskan untuk menulis yang non-fiksi aja, terutama review. Lagi-lagi belajar dari pengalaman, saya selalu melihat review sebelum membeli sesuatu. So, I think it's my turn to give back! Mungkin nantinya ada orang-orang yang akan terbantu dengan tulisan saya.

Okay, segitu dulu. Glad to be back!




No comments:

Post a Comment